Tren Tottenham untuk finis di belakang Arsenal terus berlanjut setelah mereka secara mengejutkan dipermak Newcastle, tim yang sudah terdegradasi.



GOALOLEH    SANDY MARIATNA     Ikuti di twitter

Entah apa yang terjadi pada Tottenham Hotspur sehingga mereka secara tak terduga mengakhiri kampanye mengesankan di Liga Primer Inggris musim ini dengan kekalahan telak 5-1 dari tim yang sudah dipastikan terdegradasi, Newacastle United, Minggu (15/5) malam WIB.

Hasil ini terbukti fatal bagi Tottenham, yang di sepanjang musim ini bersaing juara dengan Leicester City. Ya, mereka harus merelakan posisi kedua direbut oleh musuh bebuyutan Arsenal sehingga tren Spurs untuk finis di belakang rival sekotanya itu terus berlanjut.

Tampil di hadapan pendukung sendiri, Newcastle berlaga tanpa target penting mengingat mereka sudah dipastikan degradasi. Sedangkan Tottenham membutuhkan minimal satu poin untuk bisa menyegel posisi kedua dan terhindar dari kejaran rival sekota Arsenal. Namun justru inilah yang membuat Newcastle bermain lepas.

Tuan rumah berulang kali mengancam pertahanan Newcastle di awal laga dan berpuncak di menit 19 ketika Aleksandar Mitrovic memberikan umpan matang kepada Georginio Wijnaldum di kotak penalti. Gelandang Belanda itu langsung mengarahkan bola ke pojok gawang Tottenham untuk membuka keunggulan.

Tottenham sendiri kesulitan mengembangkan permainan dan hal ini dimanfaatkan oleh Newcastle untuk mengincar gol kedua. Di menit 39, Mitrovic membuat Spurs tertunduk lesu setelah tandukannya, menyambut crossing Moussa Sissoko, menghujam gawang Hugo Lloris. Spurs mencoba bereaksi di sisa babak pertama, namun skor 2-0 untuk tuan rumah tetap bertahan.

Tertinggal dua gol membuat Mauricio Pochettino langsung melakukan dua pergantian di babak kedua. Namun perubahan baru terasa sekitar sepuluh menit kemudian lewat peluang yang diciptakan Eric Dier dan Erik Lamela. Pada akhirnya kombinasi dua pemain ini menghadirkan gol balasan di menit 60 dengan Lamela sukses menuntaskan umpan Dier lewat sebuah serangan balik.

Spurs terus menekan dan bahkan diuntungkan dengan kartu merah yang didapat oleh Mitrovic di menit 67. Akan tetapi, di sinilah terjadi plot twist yang tidak terduga: Newcastle mampu mencetak tiga gol tambahan.

Diawali dengan gol penalti Wijnaldum di menit 73 setelah Sissoko dilanggar di kotak terlarang. Kemudian diikuti oleh gol Rolando Aarons dan Darly Janmaat dalam tempo singkat di menit 85 dan 86! Tottenham pun mengakhiri pertandingan dengan kekalahan memalukan 5-1 dan harus puas finis di posisi ketiga.

 

Susunan Pemain:

Newcastle United (4-5-1): Darlow, Janmaat, Taylor, Mbemba, Dummett, Townsend, Tiote (Shelvey 62’), Colback, Sissoko (Sterry 84’), Wijnaldum (Aarons 76’), Mitrovic.

Cadangan: Woodman, De Jong, Perez, Cisse.

Tottenham Hotspur (4-2-3-1): Lloris, Walker (Chadli 71’), Alderweireld, Vertonghen, Davies, Dier, Mason (Carroll 46’), Lamela, Eriksen, Son (Onomah 46’), Kane.

 

Bagi pengguna news app Goal dapat menyimak cuplikan pertandingan Liga Primer Inggris, Serie A Italia, dan Ligue 1 Prancis di sini.